Manfaat dari Buah Pisang

Ruang khusus topik seputar dunia kesehatan, cara hidup sehat, fitness, deng laeng laeng.
Post Reply
User avatar

Topic author
kuntua
Heart & Soul
Heart & Soul
Posts: 14
Joined: 10 Jan 2017, 13:04
Location: Manado, ID
Zodiac: Capricorn
Contact:

Manfaat dari Buah Pisang

#4

Post by kuntua » 10 Jan 2017, 23:13

Segudang manfaat dari buah pisang dapat dengan mudah diperoleh hanya dengan mengonsumsinya. Bahkan jika bosan mengonsumsi pisang secara utuh Anda dapat mengeksplorasi pisang dengan beragam cara seperti salad buah, jus, hingga milkshake. Pisang adalah sumber energi manusia karena kaya kaya akan gula, serat, vitamin B6, dan mineral seperti kalium dan magnesium menjadi alasan utama mengapa Anda perlu menambahkan buah ini dalam menu diet harian. Selain kandungan sehat, dengan rata-rata 105 kalori, pisang menjadi pasokan energi yang luar biasa bagi tubuh.

Satu buah pisang ukuran sedang (125 gram) mengandung 110 kalori, 30 gram karbohidrat, 1 gram protein, serta vitamin dan mineral lainnya. Meski teksturnya lembut dan creamy, buah ini sama sekali tidak mengandung lemak, kolesterol dan sodium.

Manfaat dari Buah Pisang

1. Kontrol tekanan darah
Menurut penelitian kandungan potasium yang terdapat di dalam buah pisang membantu kita menurunkan kadar tekanan darah. Mengonsumsi terlalu banyak sodium dan sedikit potasium berdampak negatif bagi tekanan darah. Kandungan potasium dalam pisang dapat mencukupi kebutuhan tubuh akan potasium. Disarankan untuk memakan satu buah pisang setiap pagi jika Anda ingin menjaga tekanan darah tetap stabil.

2. Baik untuk otak
Salah satu sumber dari buah pisang yaitu vitamin B, membantu meningkatkan kemampuan belajar. Sehingga cocok dikonsumsi oleh seorang anak.

3. Risiko stroke
Menurut penelitian juga, mengonsumsi buah pisang secara teratur membantu mengurangi risiko stroke. Pisang yang kaya antioksidan dan serat juga dapat mengurangi risiko kanker.

4. Menjaga kesehatan tulang
Bakteri probiotik yang hadir dalam buah pisang dapat menyerap kalsium dalam tubuh. Maka itu, buah pisang dapat membantu membangun tulang yang lebih kuat.

5. Tingkatkan pencernaan
Bakteri tersebut juga membantu penyerapan nutrisi sehingga pencernaan dalam keadaan baik. Zat di dalam buah pisang mentah efektif mengobati diare. Buah berbentuk bulan sabit, kulit berwarna kuning, dan memiliki rasa manis ini mengandung serat cukup besar, yang berguna membersihkan usus dari segala limbah. Dari satu penelitian yang telah diterbitkan dalam anaerob pada Desember 2011 ditemukan bahwa buah pisang dapat meningkatkan fungsi pencernaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seorang wanita yang mengonsumsi dua buah pisang berukuran sedang per hari dapat mengurangi kondisi kembung.

6. Antidepresan
Buah pisang mengandung asam amino tritofan dalam jumlah kecil yang terbukti memiliki sifat dapat meningkatkan suasana hati. Di dalam buah pisang juga terdapat vitamin B6, nutrisi yang larut dalam air yang dapat membantu hormon serotonin mengatur hambatan darah di otak kita.

7. Mengurangi gejala saat PMS
Kandungan potasium yang berlimpah dalam buah pisang bisa melancarkan retensi cairan dalam tubuh. Sedangkan vitamin B dan B6 dari buah pisang berpengaruh positif untuk mengurangi gejala PMS karena mengurangi rasa nyeri di perut dan dada serta mengakumulasi air dalam tubuh.


Sumber: manadosehat

Image

Forum Kawanua - https://www.kawanua.id
Forum tampa kawanua bacirita, baku beking pande, curhat, deng laeng laeng.

Kontak Admin

Link:
BBcode:
HTML:
Hide post links
Show post links

Post Reply